persahabatan itu......

Saya akhir-akhir ini menyadari sesuatu. sebuah keberadaan yang terkadang mengundang bimbang hingga sulit untuk terpikirkan. ya...sudah lama berjalan tapi baru sekarang ini menydarai, paling tidak, keterlambatan masih lebih baik daripada tidak sama sekali.

keberadaan itu adalah sebuah tali yang bernama persahabatan. wah...menyenangkan sekali persahabatan itu. sya menemukannya di SMA, saya menemukannnya di BEM TPB, saya pun menemukannya di B15. namun, apakah kita semua telah paham makna sesungguhnya dan harapan sesungguhnya dari keberadaan bernama persahabatan itu??

wah, sebenarnya bahasan ini sangatlah kurang cocok dengan mahasiswa, namun nyatanya tidak sedikit mahasiswa yang masih saja bemul menyadari adanya keretakan dalam sebuah teori ini.

persahabatan itu indah.....itu benar, dan sangat benar
persahabatan itu menyenangkan...wah, itu tepat sekali.

bahkan ada sebuah cerita.......
Ada Cinta bertanya pada Persahabatan
"Mengapa kamu tercipta padahal aku telah ada??"
Persahabatan pun menjawab...
"Untuk memberikan senyuman tatkala Cinta memberi Kesedihan"

cerita itu pun sesuai untuk menggambarkan betapa indahnya dunia persahabatan.

namun....ada sebuah kenyataan yang harus kita pahami.

meski pun indah, persahabatan yang tidak dilandasi oleh keikhlasan yang sesungguhnya hanya akan membawa kesia-siaan.
apalgi ketika persahabatan itu berjalan tanpa adanya batasan-batasan yang seharusnya.

saya juga baru menyadari, kesalahan atau penyakit dari teman-teman saya bagi ikhwan maupun akhwat yang bermasalah dengan pergaulan bukanlah karena mereka terlalu baik, bukan pula karena mereka tidak bisa mengatakan tidak....

tapi karena mereka terlalu nyaman dengan persahabatan itu sampai-sampai lupa membuat batasan. mereka lupa bahwa persahabatan tidak harus dengan bersama ke manapun dan di manapun, memberi saat diminta, menerima saat diberi, harus berada di sisi ketika suka maupun duka, curhat dengan segala macam kondisi, meluapkan kebahagiaan maupun kesesihan tanpa peduli sedang ada di mana. Tidak!! jika seperti itu adanya maka harusnya persahabatan itu sngatlah sempit. harusanya hanya ada sahabat sesama jenis, tidak ada persahabatan lain jenis karena itu hanya akan membawa penyakit hati. Namun, bukan juga seperti itu. islam mengenal adanya persahabatan, termasuk persahabatan lain jenis. namanya bukan friendship. tapi ukhuwah islamiyah. sebuah makna yang bahkan jauh lebih dalam dari persahabatan, friendship.

dalam ukhuwah islamiyah, kita tak perlu harus berjalan bersama dalam setiap waktu untuk dikatakan bersahabatan
dalam ukhuwah islamiyah, kita tak perlu ber-sms setiap hari sampai malam untuk dapat dikatakan kita adalah teman
dalam ukhuwah islamiyah, kita tak perlu berada terus dalam suka dan duka, meluapkan semua isi hati sampai-sampai tak peduli kita ada di mana.

dalam ukhuwah islamiyah, kita diajarkan untuk memiliki lewat doa
dalam ukhuwah islamiyah, kita diajarkan berbagi lewat fastabikul khairat
dalam ukhuwah islamiyah, kita diajarkan untuk merasakan sakit ketika yang lain juga sakit.

ukhuwah islamiyah bagi saya adalah persahabatan yang sesungguhnya, jauh lebih sejati, jauh lebih dalam maknanya dari yang kita kenal selama ini.

dalam ukhuwah islamiyah, kita mungkin tak berharap akan bisa terus bersama dan bahagia di dunia yang fana ini, tapi segala macam ikatan, doa, kasih dan sayang, semuanya diharapkan tetap kekal hingga kelak kita akan dikumpulkan di tempat yang lebih agung, mulia, dan abadi.